Kumpulan Cara dan Tips

Situs ini adalah kumpulan berbagaimacam info, metode, panduan, cara dan tips lengkap tentang herbal, obat kuat, terapi, spiritual, supranatural. Jika informasi yang kami berikan masih belum cukup, silakan klik pada link yang kami rekomendasikan!

 

Authorized by: CV.KARYA ABADI

HOME OBAT KUAT PRIA OBAT  KUAT OLES HERBAL PENYEMBUHAN CD TERAPI SUPRANATURAL
 
 
   
     
 

Cara Menjaga Kemampuan Daya Ingat

Tahan penurunan kemampuan daya ingat sebisa mungkin agar bisa digunakan selama mungkin.

Daya ingat yang baik dan kuat adalah salah satu faktor penting dalam menunjang keberhasilan dalam banyak hal, terutama karier. Alaminya, kemampuan kognitif manusia pada umumnya menurun di sekitar usia 45 tahun, namun, proses penurunannya bisa diperlambat dengan cara-cara tertentu.

Kehilangan memori dalam jumlah besar umumnya terjadi karena masalah kelainan organis, kerusakan pada otak, atau masalah saraf. Sebelum terjadi masalah pada daya ingat, coba gunakan beberapa tips berikut untuk menjaga daya ingat seoptimal mungkin.
 

1. Gunakan sebelum terhilang

 

Sejak lama dipercaya, olah fisik yang menstimulasi otak, seperti membaca, berkelana, main kartu, bermain permainan yang melatih daya ingat, bermain alat musik, bahkan mengubah rutinitas harian bisa menstimulasi hippocampus, bagian pada otak yang bertanggung jawab pada memori. Bisa pula dengan menantang otak lewat aktivitas-aktivitas yang belum pernah dilakukan.
 

2. Olahraga

 

Saat Anda mulai berolahraga, otot akan menggunakan oksigen dalam jumlah yang tinggi, meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh, termasuk area memori pada otak. Olahraga membantu membuat pembuluh darah menuju jantung terbuka, olahraga juga akan melakukan hal yang sama untuk pembuluh darah pada otak. Bahkan olahraga dengan intensitas kecil pun bisa membantu menajamkan daya ingat, namun, penting untuk diingat, olahraganya harus konsisten. Beberapa studi mengindikasikan, olahraga rutin bisa memperlambat penuaan pada otak.
 

3. Mengurai Stress
 

Stress kronis, yang mengaktivasi hormon kortisol, adalah penyumbang utama hilangnya daya ingat. Menghindari stress adalah hal yang mustahil, karenanya, akan lebih baik bila mencoba untuk mengendalikan stress yang sudah pasti datang.

 

Cobalah untuk belajar teknik relaksasi, seperti latihan pernapasan untuk mengurai reaksi biokimia dan fisiologi terhadap stress.
Ambil napas dalam-dalam lewat hidung hingga dada penuh dalam hitungan 4, tahan napas beberapa detik, lalu keluarkan napas lewat mulut, kurang lebih 8 detik.
 

Upayakan untuk bersenang-senang, tertawalah bila memungkinkan. Belajarlah untuk berkata tidak sebelum menerima tanggung jawab dari atasan ketika Anda sendiri sudah sangat sibuk.
 

4. Pertemanan yang menyenangkan
 

Pertahankan sistem dukungan yang kuat lewat interaksi dengan teman-teman, bisa lewat telepon maupun bertemu langsung. Dalam studi terkini dari Harvard School of Public Health, para periset menemukan, orang dengan kehidupan sosial yang aktif memiliki tingkat penurunan memori yang rendah. Bila teman-teman sedang tak ada, jangan lupakan persahabatan juga cinta terhadap hewan peliharaan. Kedua hal itu memberi manfaat lebih terhadap kognitif seseorang.
 

5. Tidur yang cukup
 

Pertarungan melawan insomnia sesekali memang tak memberikan dampak permanen, tetapi kekurangan waktu tidur yang berulang-ulang dan tak ada henti bisa memengaruhi kemampuan daya ingat. Bila Anda merasa sulit tidur, coba dengarkan rekaman lagu-lagu relaksasi setiap sebelum Anda beranjak tidur, saat ini sudah ada banyak dijual di toko-toko musik.
 

6. Hidrasi
 

Minumlah air putih sebelum mulai merasa haus. Kekurangan air sedikit saja bisa mengurangi energi mental, mengakibatkan masalah memori. Disarankan untuk mengkonsumsi air minum sekitar 8 gelas per hari.
 

7. Makanan yang baik untuk otak
 

Makanan mengandung asam lemak omega 3 sangat baik untuk otak.

Sumber-sumber asam lemak omega 3 antara lain;

  • Salmon

  • Tuna

  • Halibut

  • Sarden

  • Makerel dan lainnya.

Selain ikan-ikanan, asam lemak omega 3 juga bisa berasal dari;

  • Biji labu

  • Kedelai

  • Walnut

Selain itu, buah-buahan berwarna cerah, serta sayuran juga mengandung antioksidan, yang punya peran penting dalam mendukung fungsi memori.
Makanan yang kaya akan asam folat, seperti;

  • Bayam

  • Kale

  • Asparagus

  • Selada air

Selain itu, telur juga dikabarkan baik untuk mendukung memori. Makanan-makanan ini juga baik dan penting untuk menutrisi pusat memori di otak.

 

8. Mengolahragakan Daya ingat

 

Aktivitas fisik menjaga tubuh tetap kuat, kegiatan mental menjaga pikiran tetap tajam dan cerdas. Salah satu cara untuk mengasah otak dengan cara belajar hal-hal yang baru. Bila Anda terus belajar, maka otak akan terus berkembang. Otak yang aktif akan memproduksi sambungan baru antar sel syaraf sehingga dapat tetap menyampaikan pesan. Otak yang aktif akan mudah menangkap informasi serta menyimpannya, berapapun usia Anda. Bagaimana caranya?

Coba hal-hal berikut ini:

  • Belajar untuk memainkan alat musik

  • Memainkan scrabble serta mengisi teka-teki silang

  • Berinteraksi dengan orang lain

  • Berpindah karir atau memulai karir baru

  • Memulai hobi yang baru seperti melukis, naik sepeda dan lainnya

  • Belajar bahasa asing

  • Menjadi sukarelawan

  • Selalu mencari tahu berita-berita terbaru

  • Membaca


9. Kurangi atau hindari minum alkohol
 

Orang yang minum alkohol terlalu banyak selama bertahun-tahun mengalami kerusakan otak karena kurangnya nutrisi, serta lebih beresiko tinggi berkembangnya masalah ingatan dan dimensia. jadi lebih baik Anda hindari Alkohol.


10. Lindungi kepala saat olahraga

 

Luka pada kepala dapat meningkatkan resiko terkena penyakit Alzheimer. Orang yang berpartisipasi pada acara olahraga seperti lari atau berenang, dengan resiko luka kepala yang kecil memiliki rata-rata berkurangnya daya ingat yang lebih rendah. Lakukan tindakan pencegahan untuk melindungi kepala Anda, sebagai contoh pakailah helm saat naik sepeda.


11. Berhenti Merokok


Anda dapat menambahkan berkurangnya daya ingat pada daftar panjang masalah kesehatan yang terjadi karena merokok. Perokok memiliki resiko dua kali lebih besar terkena alzeimer dari pada yang tidak merokok. Bila Anda menghentikan merokok, maka nantinya resiko berkurangnya daya ingat dapat dikurangi.

 

Itulah beberapa Cara Menjaga Kemampuan Daya Ingat yang bisa Anda Praktekkan !

 
 
 

No

KATEGORI ARTIKEL

 

Kesehatan Seksual Pria

Kesehatan Seksual Wanita

Anatomi Seksual

Ejakulasi Dini

disfungsi Ereksi (Impotensi)

posisi Seks

obat Kuat

Cara Menyembuhkan Penyakit dan Menjaga Kesehatan

Kecerdasan, konsentrasi, daya ingat, kreativitas, dan Belajar

Cepat langsing, menurunkan berat badan

Menurunkan Berat Badan, Meningkatkan, mengontrol dan mengurangi nafsu Makan

Kecerdasan, konsentrasi, daya ingat, kreativitas, dan Belajar

Menambah tinggi badan

Meningkatkan Percaya Diri

Motivasi dan Pengembangan Diri

Supranatural, Pengasihan, Ilmu Kebatinan, Azimat, Benda Bertuah

 
   
 
 

2014 All rights reserved. Semua yang tertulis adalah hak cipta CV. KARYA ABADI